Di masa depan semua transaksi akan dilakukan menggunakan virtual. Era tersebut sudah dimulai sejak jaman sekarang dan ada banyak marketplace mulai bermunculan di tanah air. Misalkan saja, Tokopedia, Shopee, Blibli, dan lain-lain. Setiap konsumen dapat membeli dari rumah barang-barang yang diperlukan, sehingga tidak harus keluar rumah.
Setiap marketplace sudah pasti perlu jasa pengiriman, sehingga baik sang pemilik toko online dan konsumen harus memahami konsep pengiriman, penerimaan, dan ongkir yang berlaku. Peranan jasa pengiriman ini penting juga, karena pengiriman dapat menjangkau seluruh pelosok Indonesia dan ada yang dapat menjangkau sampai ke luar negeri.
Pastinya semakin jauh antara jarak penjual online dengan konsumennya, maka ongkos kirim atau ongkir yang ditawarkan akan semakin mahal. Prinsip ini sudah pasti berlaku di setiap jasa pengiriman, karena berdasarkan pada bensin yang diperlukan.
Adapun 2 layanan terbaru yang kini tengah disosialiasikan oleh PT Pos Indonesia adalah Pos Kilat Khusus serta Pos Express. Untuk layanan Pos Kilat Khusus menawarkan paket kiriman sampai di alamat yang dituju maksimal 2 hari (tujuan ibukota provinsi) serta 4 hari (tujuan ibukota kabupaten).
Jika dibanding jasa ekspedisi yang lain, tarif Pos Kilat Khusus terbilang jauh lebih rendah. Dengan tarif yang kompetitif, saat ini layanan Pos Kilat Khusus sudah menjangkau lebih dari 180 kota atau kabupaten di tanah air.
Sementara ini layanan yang kedua yakni Pos Express dibedakan menjadi 2 sub-layanan yaitu Sameday Service dan Next Day Service. Layanan Sameday Service menawarkan paket kiriman tiba di alamat tujuan di hari yang sama.
Sementara Next Day Service menawarkan paket kiriman sampai 1 hari berikutnya. Layanan Pos Express kini diklaim telah menjangkau lebih dari 48 kota dan kabupaten serta cakupan regional lebih dari 200 kota.
Hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahui Pos Indonesia. Pada jaman dahulu, jasa pengiriman yang satu ini hanya melayani pengiriman dokumen. Keperluan untuk berkompetisi dengan perusahaan pengirim barang yang eksis, akhirnya Pos Indonesia membuka penawaran layanan lain dan salah satunya pengiriman barang.
Cara Cek Ongkos Kirim POS Indonesia
Apabila kamu hendak melakukan pengiriman barang menggunakan Pos Indonesia, maka kamu perlu melakukan pengecekan terhadap ongkos kirimnya dahulu.
- Kunjungi website resmi pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau jika ingin langsung mengetahui tarif pengiriman bisa ke www.posindonesia.co.id/tarif/ . bisa juga dilakukan dengan menuliskan kata kunci di mesin pencari “cek ongkir pos Indonesia”
- Halaman tarif kirim akan menampilkan kolom-kolom yang harus di isi yaitu asal (tuliskan asal tempat anda akan mengirim barang berupa kelurahan/desa, kecamatan, kota/kabupaten dan provinsi), tujuan (berisi alamat yang akan dituju), berat (dalam hitungan gram), dimensi kiriman (panjang, lebar dan tinggi), nilai barang (harga barang itu sendiri), dan kode keamanan (kode sudah ada tinggal di salin pada bagian kolom)
- Setelah semua kolom terisi klik ikon cek tarif di bagian bawah kolom.
- Tunggu beberapa saat sampai informasi ongkir yang diminta keluar (waktu tunggu tergantung koneksi).
Cara cek ongkir pos Indonesia secara Online bisa juga dilakukan melalui website pihak ketiga, banyak sekali website yang memberikan layanan ini, tinggal masukan kata pencarian di mesin pencari dan berbagai website pihak ketiga akan muncul.
Tarif pengiriman Pos Indonesia memang paling murah di bandingkan jasa kurir lain hal ini berdasarkan pengalam pribadi, kelebihan lain bahwa pos Indonesia memberikan banyak pilihan layanan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Kemudahan cara Cek Ongkos Kirim POS Indonesia ini sebagai langkah positif PT Pos Indonesia untuk memberi layanan maksimal pada konsumen. Selain tentunya sebagai salah satu langkah preventif untuk “mengamankan” pelanggan dari dominasi beberapa perusahaan jasa ekspedisi swasta.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar